REVIEW ARTIKEL UNS

B3119009 Arnendya Sugi Agustina Penulis Mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Inggris (http://d3-inggris.fib.uns.ac.id/) Fakultas Ilmu Budaya  (https://fib.uns.ac.id)

I. Latar Belakang
Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa. Di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan pengenalan mengenai atsmofer akademik dalam kehidupan kampus.
Pada tahun ajaran baru 2019/2020, kegiatan PKKMB juga diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya(https://fib.uns.ac.id ), sebuah fakultas yang memiliki jargon “memajukan pendidikan demi peradaban”. Kegiatan PKKMB selama kurang lebih satu minggu ini (13-18/08/2019) dilaksanakan di beberapa tempat.
Selasa-Rabu (13-14/08/2019) kegiatan berlangsung di kantor pusat dan Auditorium GPH Haryo Mataram dikoordinasikan oleh Biro Kemahasiswaan UNS. Kegiatan ini meliputi upacara dan pelantikan mahasiswa baru oleh Rektor dan kuliah umum oleh narasumber dari beberapa Kementerian dan Lembaga Negara, di antaranya Kementerian Pertahanan, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, bela negara oleh Lemhanas, dan bidang penalaran, minat, dan bakat mahasiswa oleh Dirjen Belmawa.
Kamis-Jumat (15-16/08/2019) Kegiatan PKKMB berlangsung di Fakultas Ilmu Budaya(https://fib.uns.ac.id ). Kegiatan diawali dengan kenal sambut oleh Dekan FIB.
Tujuan dari kegiatan ini untuk mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademik serta memahami aturan-aturan yang berlaku di dalamnya.
Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Ilmu Budaya(https://fib.uns.ac.id) Prof. Warto, mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru FIB, selamat menuntut ilmu di jenjang lebih tinggi dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Dekan mengajak mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan PKKMB dengan baik dan  menyelesaikan kuliah tepat waktu.
Disamping itu Beliau juga memperkenalkan semua jajaran pimpinan di lingkungan FIB(https://fib.uns.ac.id), mulai dari Delkanant, Kaprodi S1 dan D3 sampai dengan pimpinan administrasi. Pada akhir sambutannya Beliau mengutip serat tridarma dari Mangkunegara I yang intinya memberi pesan bagi mahasiswa baru untuk berani berintrospeksi/mawas diri, merasa ikut memiliki dan berkewajiban ikut membela/mempertahankan.

Kegiatan kenal sambut di FIB(https://fib.uns.ac.id) ditutup dengan penyematan cocard bagi perwakilan mahasiswa masing-masing prodi secara simbolis. Kemudian selama dua hari (15-16/08/2019) mahasiswa baru mengikuti kegiatan di antaranya materi bidang akademik yakni organisasi mahasiswa, visi misi budaya kerja active UNS lima pilar, strategi kredis semester, siakad, perpustakaan, English for academic purpose (EAP), medical center, alumni, tata tertib kampus dan masih banyak lagi dengan narasumber dari Dekanat, LPPM, Prodi, UPT. Bahasa, dan UPT. Perpustakaan.

II. Tujuan Artikel Ilmiah
Pembuatan artikel ini memiliki tujuan untuk menjelaskan kepada para pembaca mengenai kegiatan PKKMB dan juga beberapa manfaat yang diperoleh mahasiswa baru selama kegiatan PKKMB khususnya di FIB (LINK FIB) .

III. Pembahasan
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa disebut PKKMB merupakan kegiatan yang diadakan oleh pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa. Di kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan pengenalan mengenai atsmofer akademik dalam kehidupan kampus.
Pada tahun ajaran baru 2019/2020, Fakultas Ilmu Budaya, sebuah fakultas yang memiliki jargon “memajukan pendidikan demi peradaban” juga ikut serta dalam menyelenggarakan kegiatan PKKMB, Kegiatan PKKMB selama kurang lebih satu minggu ini (13-18/08/2019) dilaksanakan di beberapa tempat.
Yaitu dilaksanakan di masing-masing fakultas di UNS.Setiap fakultas mempunyai yel-yel masing -masing dan dipergunakan saat arak -arakan menuju Gedung Rektorat UNS ,Stadion UNS juga saat teleconference di kuliah umum.
Kegiatan PKKMB ini sangatlah bermanfaat untuk para mahasiswa baru. Dari kegiatan PKKMB ini mahasiswa baru diharapkan dapat mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademik serta memahami aturan-aturan yang berlaku di dalamnya.

IV. Kesimpulan
Dari penjelasan diatas. Dapat saya simpulkan bahwa kegiatan PKKMB ini sangatlah bermanfaat untuk para mahasiswa baru. Karena dalam kegiatan ini, mahasiswa baru dikenalkan dengan lingkungan kampus UNS dan juga diajarkan untuk mematuhi tata tertib yang berlaku baik di UNS maupun di fakultas masing-masing serta dapat menjalankan prinsip pelajar berbudaya. Selain itu, selama PKKMB mahasiswa baru juga diajarkan berbagai macam pembelajaran yang bermanfaat melalui kuliah umum.



Postingan populer dari blog ini

Umbul Nogo

Why You Should Have This Cool Hijab